Top Menu

Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum

I. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum SMK Negeri 1 Cianjur memuat kelompok mata pelajaran :
Kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
Masing-masing mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan.
Sekolah atas persetujuan komite sekolah dan memperhatikan minat peserta didik, menetapkan pengelolaan kelas sebagai berikut :
SMK Negeri 1 Cianjur mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam struktur kurikulum.
No
Kompetensi Keahlian
Jumlah Rombel

KelasX
Kelas XI
Kelas XII
1
Akuntansi
3
3
3
2
Administrasi Perkantoran
3
3
3
3
Pemasaran
2
3
2
4
Rekayasa Perangkat Lunak
1
2
1
5
Teknologi Komputer dan Jaringan
1
1
1
Jumlah
10
12
10

Rombongan belajar berjumlah 32 rombongan, dengan rincian sebagai berikut :
II. MUATAN KURIKULUM
Mata Pelajaran adalah Struktur Kurikulum Tingkat Sekolah, yang disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan sekolah terkait dengan upaya pencapaian SKL, termasuk mata pelajaran muatan lokal Provinsi Jawa Barat yaitu Bahasa Sunda dan Pendidikan Lingkungan hidup. Disamping itu juga siswa diberikan mata pelajaran muatan lokal masing-masing kompetensi keahlian, hal ini dimaksudkan untuk menambah kompetensi yang harus dimiliki oleh Peserta Didik , Adapun Mata Pelajaran tersebut yaitu :
No
Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran Mulok
Ket
1
Akuntansi
Mengetik 10 Jari

2
Administrasi Perkantoan
Siklus akuntansi

3

Pemasaran
Siklus Akuntansi

Mengetik 10 Jari

4
Rekayasa Perangkat Lunak
Siklus Akuntansi

Mengetik 10 Jari

5
Teknik Komputer dan Jaringan
Siklus Akuntansi

Mengetik 10 Jari

Pengembangan diri, yang wajib diikuti oleh setiap siswa kelas X dan Kelas XI, dimana siswa diwajibkan untuk mengikuti minimal 1 ( satu) kegiatan pengembangan diri dengan pilihan sebagai berikut :
Pramuka
PMR
Paskibra
Kerohanian (Rohis)
Disamping itu siswa juga di perbolehkan untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri tambahan, yang terdiri dari :
Bidang Kesenian dan Budaya ( Angklung, Degung, Tari, Paduan Suara, Teater dan Band )
Bidang Olah Raga ( Basket, Futsal,Taekwondo, Bulu Tangkis, Panjat tebing )
Bidang Sain Teknologi ( Soft ware Aplikasi, Robotik, Debat bahasa Inggris, Debat Bahasa Indonesia, Mading, KIR)
Kegiatan OSIS dan MPK
Kepanitiaan Kegiatan Sekolah

Bimbingan Karier melalui BK
III. PENGATURAN BEBAN BELAJAR
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajarn dialokasikan sebagaiman tertera dalam struktur kurikulum, yakni 45 menit perjam pelajaran dan 41 s.d 55 jam pelajaran perminggu.

IV. KETUNTASAN BELAJAR
SMK Negeri 1 Cianjur menentukan kriteria ketntasan belajar minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penelenggaraan pembelajaran, namun bertahap dan berkelanjutan sekolah akan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk kriteria ketuntasan ideal 75 %.

V. PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL
Pendidikan berbasis keunggulan meliputi pengembangan bidang bahasa Inggris, IT
Dimana untuk pengembangan Bahasa Inggris dilakukan dengan cara :

Meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris peserta didik maupun para guru
Mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan mata pelajaran Bahasa Inggris
Mempersiapkan siswa agar mampu mengikuti ajang lomba berbahasa Inggris
Menggalakkan kegiatan English Club
Mengadakan Tes WJEPT ( kerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris Provinsi Jawa Barat
Mengikutkan Siswa dalam Tes TOEIC, dan ini merupakan saringan dari Test WJEPT.
Untuk pengembangan bidang IT dilakukan dengan cara :
Menambah keterampilan siswa dengan memberikan materi tambahan soft aplikasi
Mengadakan pelatihan IT untuk guru-guru
Memfasilitasi penggunaan IT dalam proses pembelajaran
Mensertifikasi kemampuan IT guru dan peserta didik.