Top Menu

Hari Santri Nasional, Guru dan Staff TU Kenakan Pakaian Khas Santri

Hari Santri Nasional, Guru dan Staff TU Kenakan Pakaian Khas Santri

Hari Santri adalah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing, bertepatan dengan resolusi jihad Mbah KH Hasyim pada tanggal 22 Oktober.

Itu yang menjadi alasan kenapa Hari Santri Nasional ditetapkan pada tanggal 22 Oktober, setelah sebelumnya Presiden Jokowi berpendapat pada tanggal 1 Muharram. Sejarah mencatat, para santri bersama dengan pejuang bangsa lainnya memiliki peran besar dalam merebut kembali kedaulatan negara dari kolonialisme bangsa asing.

Dalam memperingati Hari Santri ini, Guru dan Staff TU SMKN 1 Cianjur mengenakan pakaian muslim khas santri. Hal ini berdasarkan dengan imbauan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dihimbau menggunakan sarung, baju koko, dan peci bagi laki-laki, serta baju muslimah bagi perempuan, pada Senin, 22 Oktober 2018.

Dengan memakai sarung, ini sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama bukan hanya santri. Karena sebenarnya Hari Santri adalah Hari Ulama, jadi menghormati santri sama dengan menghormati ajengan (ulama).

No comments yet.

Leave a Reply